MENYUSURI JEJAK TAN MALAKA DI BELANDA: FILM DOKUMENTER MAHA GURU TAN MALAKA

Adalah Marko, seorang anak muda yang kuliah di Prancis dan selama lima tahun mengenyam pendidikan di sana, ia akhirnya lulus. Tapi bukan Marko namanya bila langsung pulang ke Indonesia. Ada rasa penasaran yang kemudian membuatnya berkelana ke negeri kincir angin, Belanda. Siapa lagi kalau bukan ingin menyusuri jejak seorang tokoh nasional bernama Tan Malaka.

Film dokumenter ini mungkin agak berbeda dengan film dokumenter pada umumnya yang sering saya nonton. Semula, saya mengira film ini akan sangat berat, mengingatkan nama Tan cukup malang melintang dengan pemikiran-pemikirannya yang menarik. Semua itu bisa kita dapatkan pada buku-buku karya-nya semacam Madilog, aksi massa dan lain-lain. Namun, setelah menonton film ini pada 5 menit awal, saya kemudian berpikir berbeda. Film ini tak berat-berat amat, malah di desain untuk konsumsi anak sekolahan. Dengan gaya ala-ala traveler, Marko, menyebut dirinya Kak Marko. Kamu tahulah, untuk siapa film ini dibuat 😂

Namun, terlepas dari semua itu. Film ini setidaknya memberikan kita satu gambaran lain, yakni untuk mengetahui lebih dekat sosok Tan Malaka, Kak Marco harus melintas dari Prancis ke Belanda hanya untuk mengetahui bagaimana kehidupan seorang tokoh nasional ini. Ia menyempatkan diri ke KITLV sebuah perpustakaan yang menyediakan beragam literatur mengenai Indonesia dengan lebih komplit. Kak Marko juga harus bertemu dengan Pak Harry yang merupakan seorang Belanda–yang mendedikasikan hidupnya untuk meneliti tentang keindonesiaan, dan salah satunya adalah melihat lebih dekat sosok Tan Malaka.

Perjumpaan dengan Pak Harry di KITLV tersebut tidak disia-siakan untuk menapastilas perjalanan seorang Tan Malaka di Belanda. Dari satu tempat ke tempat yang lain mereka sambangi. Napak tilas itulah yang kemudian menjadi isi dari konten film dokumenter ini.

Film dokumenter ini memang telah didesain untuk kepentingan pembelajaran dan telah dibuat sedemikian sederhana untuk kalangan anak-anak pelajar, agar mengenal dan mengetahui bagai mana sosok tokoh nasional bernama Tan Malaka [ ]

Muhammad Ali | Pigurafilm.wordpress.com